Latihan Soal Essay Inovasi SI & New Technology
1. jelaskan
definisi sistem informasi ?
Sistem
informasi adalah kumpulan informasi di dalam sebuah basis data menggunakan
model dan media teknologi informasi digunakan di dalam pengambilan keputusan
bisnis sebuah organisasi. Di dalam suatu organisasi, informasi merupakan
sesuatu yang penting di dalam mendukung proses pengambilan keputusan oleh pihak
manajemen. Sistem ini memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak
komputer, prosedur manual, model manajemen dan basis data.
2. Jelaskan
definisi sistem teknologi informasi ?
Jadi secara umum sistem teknologi
informasi adalah prosedur teknologi yang bermanfaat untuk mengolah data,
memproses, menyusun, mengatur, mendapatkan dan menyelesaikan manipulasi data
secara bersama-sama yang menghasilkan informasi berkualitas dan akurat.
3. Sebutkan
perangkat input, proses, output,
jelaskan fungsi masing-masing ?
Input :
·
Scanner : untuk mengopi atau menyalin
gambar atau taks yang kemudian disimpan dalam memori komputer
·
Mouse
: untuk memindahkan pinter atau kursor secara cepat
Output :
·
Speaker : untuk memberikan informasi
dalam bentuk suara
·
Plotter
: untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin
dan konstruksi bangunan.
Proses :
·
Rom : untuk menyimpan firmware
·
Sound card : untuk menghasilkan suara
4. Sebutkan
dan jelaskan perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi, berikut
contohnya ?
·
Perangkat lunak sistem : suatu istilah
generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan
mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan
tugasnya. Contoh : windows, IOS.
·
Perangkat lunak aplikasi : merupakan
bagian perangkat lunak yang sangat banyak dijumpai dan terus berkembang. Contoh : Ms.word, exel.
5. Jelaskan
fungsi database dan manfaat database ?
v
Manfaat Database
§
Sebagai komponen utama atau penting dalam sistem
informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi.
§
Menentukan kualitas informasi yaitu cepat,
akurat, dan relevan, sehingga infromasi yang disajikan tidak basi. Informasi
dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan
biaya mendapatkanya.
§
Mengatasi kerangkapan data (redundancy data).
§
Menghindari terjadinya inkonsistensi data.
§
Mengatasi kesulitan dalam mengakses data.
v Fungsi database
§ Mengelompokkan data, database bertujuan untuk mengelompokkan
data agar mudah dipahami. Contoh dalam sebuah sistem perpustakaan, ada kelompok
data buku, penerbit, transaksi peminjaman, dan mahasiswa.
§ Menghindari terjadinya duplikasi atau inkonsistensi data.
§ Memudahkan dalam menyimpan, mengakses, dan memperbaruhi,
serta menghapus data.
§ Menjamin kualitas data dan informasi yang diakses sesuai
dengan yang dimasukkan (Integritas data)
§ Menjadi solusi dalam proses penyimpanan sebuah data,
terutama data yang besar.
§ Menunjang kinerja aplikasi yang membutuhkan sebuah
penyimpanan data.
6.
Sebutkan macam-macam perangkat
telekomunikasi dan berikan contohnya ?
· Macam-macam perangkat telekomunikasi :
· Komputer
· Notebook
· Netbook
· Tablet
· Televisi
· Radio
· Koran / Majalah
· Mp3 player
· Video player
· Camera Digital
· Kalkulator
· Notebook
· Netbook
· Tablet
· Televisi
· Radio
· Koran / Majalah
· Mp3 player
· Video player
· Camera Digital
· Kalkulator
· Contoh :
· Telephone / Handphone
· Faximile
· Telegraph
· Email / Mesenger
· Surat Pos
· Faximile
· Telegraph
· Email / Mesenger
· Surat Pos
7.
Sebutkan macam-macam topologi jaringan, jelaskan
kelebihan dan kelemahan ?
·
Topologi
Ring
Pada topologi ring setiap komputer
di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke
komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring, topologi ini
berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk
menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data
akan melewati komputer 2 dan 3 sampai di terima oleh komputer 4, jadi sebuah
komputer akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP Address dia.
Kelebihan dan
kekurangan :
1.
Kelebihan dari topologi jaringan komputer
ring adalah pada kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi, penggunaan
jumlah kabel lan yang sedikit
sehingga akan menghemat biaya.
2.
Kekurangan paling fatal dari
topologi ini adalah, jika salah satu komputer ataupun kabel nya bermasalah,
maka pengiriman data akan terganggu bahkan error.
·
Topologi Bus
Topologi jaringan komputer bus tersusun rapi seperti antrian dan
menggunakan cuma satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel
menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri
oleh terminator.
Kelebihan dan kekurangan :
1.
Kelebihan dari bus hampir sama
dengan ring, yaitu kabel yang digunakan tidak banyak dan menghemat biaya
pemasangan.
2.
Kekurangan topologi bus adalah jika
terjadi gangguan atau masalah pada satu komputer bisa menggangu jaringan di
komputer lain, dan untuk topologi ini sangat sulit mendeteksi gangguan, sering
terjadinya antrian data, dan jika jaraknya terlalu jauh harus menggunakan
repeater.
·
Topologi star
Topologi
ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub
atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch lah pusat dari jaringan dan
bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika komputer 1 ingin mengirim
data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke
komputer tujuan tanpa melewati komputer lain. Topologi jaringan komputer
inilah yang paling banyak digunakan sekarang karena kelebihannya lebih banyak.
1.
Kelebihan topologi ini adalah sangat
mudah mendeteksi komputer mana yang mengalami gangguan, mudah untuk melakukan
penambahan atau pengurangan komputer tanpa mengganggu yang lain, serta tingkat
keamanan sebuah data lebih tinggi, .
2.
Kekurangannya topologi jaringan komputer ini adalah,
memerlukan biaya yang tinggi untuk pemasangan, karena membutuhkan kabel yang
banyak serta switch/hub, dan kestabilan jaringan sangat tergantung pada
terminal pusat, sehingga jika switch/hub mengalami gangguan, maka seluruh
jaringan akan terganggu.
8.
Gambarkan
struktur organisasi dan jelaskan fungsi dan tugasnya ?
1. Direksi
Tugas utama dari direksi :
·
Menentukan usaha sebagai pimpinan umum dalam
mengelola perusahaan.
·
Memegang kekuasaan secara penuh dan bertanggung
jawab terhadap pengembangan perusahaan secara
keseluruhan.
·
Menentukan kebijakan yang dilaksanakan
perusahaan, melakukan penjadwalan seluruh kegiatan perusahaan.
Tanggung jawab dari direksi:Untuk mengelola usaha perseroan sesuai anggaran dasar. Pada tahun 2006 secara formal direksi mengadakan tiga kali rapat direksi untuk mengevaluasi kinerja operasional dan keuangan perseroan, serta meninjau strategi dan hal-hal penting lainnya. Selain itu beberapa pertemuan informal juga dilaksanakan untuk membahas dan menyetujui hal-hal yang membutuhkan perhatian dengan segera.
2. Dirktur utama
·
Mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan-kegiatan
di bidang administrasi keuangan,kepegawaian dan kesekretarian.
·
Mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan
pengadaan dan peralatan perlengkapan.
·
Merencanakan dan mengembangkan sumber-sumber
pendapatan serta pembelanjaan dan kekayaan perusahaan.
·
Mengendalikan uang pendapatan, hasil penagihan
rekening penggunaan air dari langganan.
·
Melaksanakan tugas-tugas yang di berikan Dewan
Direksi.
·
Dalam melaksanakan tugas-tugas Direktur Umum
bertanggung jawab kepada Dewan direksi.
·
Memimpin seluruh dewan atau komite eksekutif.
·
Menawarkan visi dan imajinasi di tingkat
tertinggi (biasanya bekerja sama dengan MD atau CEO)
·
Memimpin rapat umum, dalam hal; untuk memastikan
pelaksanaan tata tertib: keadilan dan kesempatan bagi semua untuk berkontribusi
secara tepat; mengarahkan diskusi kea rah consensus; menjelaskan dan
menyimpulkan tindakan dan kebijakan.
·
Bertindak sebagai perwakilan organisasi dalam
hubungannya dengan dunia luar.
·
Memainkan bagian terkemuka dalam menentukan
komposisi dari board dan sub-komite, sehingga tercapai keselarasan dan
efektivitas.
·
Mengambil keputusan sebagaimana di delegasikan
oleh BOD atau pada situasi tertentu yang dianggap perlu, yang diputuskan dalam
meeting-meeting BOD.
·
Menjalankan tanggung jawab dari direktur
perusahaan sesuai dengan standaretika dan hokum, sebagai refrensi dalam (apapun
standar dokumen kebijakan direktur yang mungkin anda gunakan)
3. Direktur
·
Menetapkan Prosedur kegiatan perusahaan
ditiap-tiap manajer untuk mencapai sasaran yang ditetapkan perusahaan.
·
Menetapkan tujuan dari tiap-tiap manajer yang
ada.
·
Mengawasi dan mengkoordinir kegiatan-kegiatan
dari manajer secara periodik dan pertanggungjawabannya.
·
Mengadakan pengangkatan, mutasi dan
pemberhentian karyawan beserta gajinya.
·
Menetapkan kebijakan operasional perusahaan untuk
jangka pendek.
·
Sebagai pimpinan dari perusahaan.
Direktur bertanggung jawab atas kerugian PT yang
disebabkan direktur tidak menjalankan kepengurusan PT sesuai dengan maksud dan
tujuan PT anggaran dasar, kebijakan yang tepat dalam menjalankan PT serta UU
No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Atas kerugian PT, direktur akan
dimintakan pertanggungjawabannya secara perdata.
Apabila kerugian PT disebabkan kerugian bisnis
dan direktur telah menjalankan kepengurusan PT sesuai dengan maksud dan tujuan
PT anggaran dasar, kebijakan yang tepat dalam menjalankan PT serta UU No. 40
Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas, maka direktur tidak dapat dipersalahkan
atas kerugian PT.
4. Direktur Keuangan
·
Direktur keuangan dapat membentuk organ
setingkat di bawahnya yang jumlahnya di tetapkan dengan persetujuan Dewan
Direksi.
·
Mengawasi Operasional mengenai keuangan
perusahaan.
·
Melakukan pengecekan lapangan mengenai bagian
keuangan
·
Meminta pertanggungjawaban dari tiap-tiap bagian
yang ada dibawahnya
·
Mempertanggungjawabkan kegiatan yang ada
mengenai bagian keuangan
·
Menetapkan prosedur pelaksanaan secara rinci
tentang keuangan
·
Menetapkan standar pekerjaan lapangan untuk
menjamin tidak adanya kebocoran dalam bagian keuangan.
5.
Direktur
Personalia
·
Mengembangkan system perencanaan personalia dan
pengendalian kebijakan pegawai
·
Melaksanakan Kebutuhan administrasi dan
kepagawaian.
·
Membina pengembangan staff administrasi
6.
Manager
Tugas seorang manager adalah bagaimana
mengintegrasikan berbagai macam variabel (karakteristik, budaya, pendidikan dan
lain sebagainya) kedalam suatu tujuan organisasi yang sama dengan cara
melakukan mekanisme penyesuaian.
Adapun
mekanisme yang diperlukan untuk menyatukan variabel diatas adalah sebagai
berikut:
·
Pengarahan (direction) yang mencakup pembuatan
keputusan, kebijaksanaan, supervisi, dan lain-lain.
·
Rancangan organisasi dan pekerjaan.
·
Seleksi, pelatihan, penilaian, dan pengembangan.
·
Sistem komunikasi dan pengendalian.
·
Sistem reward.
7.
Manager
Personalia
·
Pengorganisasian, perencanaan program &
pengendalian Unit Personalia
·
Flow Process Administrasi seluruh kegiatan
Personalia
·
Proses & Prosedur Rekrutmen : searching,
interview, test and selection.
·
Remuneration Management : Struktur dan Skala
Gaji, Basic Salary, Allowance, Incentive & Overtime.
·
System Penilaian Kinerja Karyawan
·
Seluruh Perizinan Ketenaga Kerjaan
·
Promosi, Mutasi & Demosi serta PHK
·
Handling karyawan Tetap, Kontrak & Harian
serta PKL
·
Perjalanan Dinas dalam/luar negeri serta
fasilitasnya
·
Training & Evaluasi
·
Medical, Hospital, Asuransi & Dana Pensiun
karyawan
·
Benefit & Fasilitas Lainnya
·
System Penyediaan Data Karyawan, Surat-surat
serta Form Administrasi kegiatan personalia
·
Buat dan pastikan System Dokumentasinya yang
Efektif
·
Buat System pelaporan Seluruh Kegiatan
Personalia.
8.
Manager
Pemasaran
·
Menetapkan prosedur operasional Informasi yang
lebih efisien
·
Melaporkan hasil kerja kepada direktur secara
berkala.
·
Bertanggungjawab penuh tentang fungsi dan tugas
sebagai kepala bagian pemasaran secara berkala kepada direktur.
9. Manager Pabrik
A. Berkaitan Kepada Direktur :
·
Bertanggung jawab kepada direktur perusahaan
langsung.
·
Melakukan konsultasi berkala supaya tercapai
keselarasan pelaksanaan tugas.
B. Berkaitan Dengan
Produksi :
·
Bersama-sama dengan bagian lain untuk
mengantisipasi dan mengatasi berbagai persoalan produksi
·
Mengarahkan setiap bagian yang di tunjuk oleh
direktur perusahaan.
·
Bersama-sama dengan supervisor menangani masalah
pabrik.
·
Manajer pabrik membawahi PPC, Produksi,
Pembelian, dan Gusang Bahan Buku.
10. ADM & Gudang
Bagian ini akan mengecek semua administrasi dan
transaksi berhubungan dengan jalannya perusahaan. Bagian ini terdiri dari
CMT,Acounting, dan Kasir.
·
CMT bertugas untuk mengurus hal hal berkaitan
dengan pihak Outsourcing.
·
Accounting bertugas untuk melakukan membukukan
transaksi yang terjadi.
·
Kasir bertugas untuk membuat laporan penerimaan
dan pengeluaran uang harian.
11. Divisi
regional
·
Mengelola asset untuk menjalankan bisnis secara
benar sesuai arah perusahaan.
·
Menyepakati target kinerja dengan direksi.
·
Beroperasi sebagai badan usaha yang member
keuntungan kepada pemilik modal.
·
Menjalankan kebijakan dan prosedur baku yang di
tetapkan oleh Kantor Pusat.
·
Menciptakan dan Meningkatkan nilai tambah
perusahaan bagi pemilik modal, calon penanam modal dan pemangku kepentingan.
9. Sebutkan
peran sistem teknologi informasi dalam suatu organisasi dan perusahaan ?
Peran
sistem informasi manajemen dalam sebuah perusahaan.
Sistem
informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi atau
perrusahaan. Sistem informasi memiliki peran dalam menunjang kegiatan bisnis
operasional, menunjang manajemen dalam pengembilan keputusan, dan menunjang
keunggulan strategis kompetitif.
- Menunjang kegiatan bisnis operasional.
- Mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, sistem informasi menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi kegiatan bisnis sehari-hari. Ketkka tanggapan atau respon yang cepat menjadi penting, maka kemampuan sistem informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi ke berbagai fingsi bisnis menjadi kritis atau penting.
- Menunjang untuk pengambilan keputusan.
- Sistem informasi dapat mengombinasikan informasi untuk membantu manajer menjalankan bisnis dengan lebih baik, informasi yang sama dapat membantu para manajer mengidentifikasikan kecenderungan dan untuk mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya. Sistem informasi akan membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih tepat, dan lebih bermakna.
- Sistem informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian sasaran startegis perusahaan dapat menciptakan keunggulan bersaing di pasar.
10. Jelaskan
pengertian tentang internet, internet extranet ?
Internet :
·
ntranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis
protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal
perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan
Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya
melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak
jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke
Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protocol
TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga
server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau
SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah
intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet”,
atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi..
Internet extranet :
·
Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi
yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk
membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur
(supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
·
Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet
sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan
yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI
(Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu
jaringan kerjasama dan lain-lain.
Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.
Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.

Komentar
Posting Komentar