Sistem Informasi dan Manajemen Pelayanan Pegawai On-line
Sistem Informasi dan Manajemen Pelayanan Pegawai On-line
Sebagian unsur
pelayanan yang bisa menjadi tolok ukur kepuasan pelanggan adalah pelayanan yang
cepat, mudah, dan hemat. Proyek Perubahan dengan judul “SIMPO DIKPORA
GUNUNGKIDUL” ini dirancang dengan konsep inovasi pelayanan pegawai yang cepat,
mudah, dan murah untuk para pegawai (guru, kepala sekolah, pengawas, laboran,
dan pustakawan) SMP di Lingkungan Seksi PTK SMP, Bidang Pembinaan Ketenagaan,
Dinas Dikpora Kabupaten Gunungkidul. Proyek Perubahan ini berupa proses dan
mekanisme pelayanan pegawai yang memanfaatkan media teknologi komunikasi dan
informatika modern yakni Web-blog, Email, dan WhatsApp (WA), yang dikelola
secara sistematis.
Dengan sistem ini proses dan mekanisme pelayanan pegawai akan berjalan cepat, karena teknologi dari ketiga media tersebut memiliki karakteristik dan sifat operasional yang cepat. Dengan menggunakan ketiga media tersebut maka aktifitas pelayanan pegawai, baik bagi pegawai yang melayani maupun yang dilayani akan lebih mudah, karena ketiga media tersebut bisa dioperasionalkan kapan saja dan di mana saja. Bahkan dengan adanya teknologi Android maka pekerjaan yang berkaitan dengan administrasi perkantoran dapat dilakukan dengan “gadget” kapan saja dan di mana saja.
Model pelayanan pegawai dengan sistem ini juga sangat menghemat waktu, tenaga, beaya. Hemat waktu bisa dicontohkan dengan, misalnya, pengiriman berkas kepegawaian berupa soft-file dari sekolah ke kantor dinas akan sangat cepat bila dikirim lewat email, sehingga menghemat waktu. Hemat tenaga bisa dijelaskan bahwa pengiriman berkas lewat email akan sangat ringan, tadak harus datang langsung, sehingga hemat tenaga. Hemat beaya juga bisa digambarkan bahwa dengan ketiga media tersebut maka pengiriman berkas kepegawaian akan menjadi hemat beaya (murah).
Untuk mewujudkan
kondisi yang diharapakan tersebut dilakukan inovasi dengan pentahapan milestone
sebagai berikut.
Jangka
Pendek:
A.
Milestone 1.
Persiapan,
yang meliputi kegiatan Konsultasi dengan pembimbing (coach), Menyiapkan
instrumen konsultasi dan koordinasi, Rakor Pembentukan Tim, Konsultasi dengan
Kabid (mentor), Konsultasi dengan Kadinas, Konsultasi dengan Sekdin, Koordinasi
dengan stakeholder sejawat, Konsultasi dengan Inspektorat Daerah, Konsultasi
dengan Dinas Kominfo, Konsultasi dengan BKPPD.
B.
Milestone 2.
Pembuatan
media sistem on-line, dengan kegiatan-kegiatan Membuat web-blog SIMPO, Membuat
email SIMPO, dan Membuat group WA SIMPO.
C.
Milestone 3.
Penyusunan
SOP Pendataan dan Pelaporan Pegawai, yang kegiatannya meliputi Penyusunan draft
SOP, Rakor Tim Pembahasan SOP, dan Koordinasi dengan mentor tentang SOP
hasil rakor Tim.
D.
Milestone 4.
Pelatihan
teknis ope-rasional sistem on-line untuk Staf , dengan kegiatan meliputi
Melatih mengunggah file ke web-blog SIMPO, Melatih mengunduh file dari email
SIMPO, dan Melatih menata file unduhan secara off-line.
E.
Milestone 5.
Pelaksanaan
ujicoba sistem on-line, yang mencakup 2 kegiatan yaitu Ujicoba mengunggah file
ke web-blog SIMPO dan Ujicoba mengirim dan mengunduh file di email SIMPO.
F.
Milestone 6.
Sosialisasi
tentang Pelayanan Pegawai secara on-line, yang kegiatannya adalah Sosialisasi
kepada kepala SMP melalui Group WA dan Blog SIMPO, Sosialisasi kepada pengawas
SMP melalui Group WA dan Blog SIMPO, Sosialisasi kepada Ketua-ketua MGMP SMP
melalui Group WA dan Blog SIMPO, serta Launching SIMPO DIKPORA GUNUNGKIDUL.
G.
Milestone 7.
Pelaksanaan
pelayanan pegawai secara on-line untuk pendataan guru mapel, dengan kegiatan
Mengunggah surat tentang pendataan guru mapel ke web-blog SIMPO, Menginformasikan
adanya surat tentang pendataan guru mapel di group WA SIMPO, dan Mengunduh
kiriman file data guru mapel dari email SIMPO.
H.
Milestone 8.
Pelaksanaan
pelayanan pegawai secara on-line untuk Laporan Keadaan Pegawai, dengan kegiatan
Mengunggah surat tentang Laporan Keadaan Pegawai ke web-blog SIMPO,
Menginformasikan adanya surat tentang Laporan Keadaan Pegawai di group WA
SIMPO, dan Mengunduh kiriman file laporan keadaan pegawai dari email
SIMPO.
I.
Milestone 9.
Monitoring
dan Evaluasi (Monev) dan Pelaporan, yang kegiatannya adalah Monitoring dan
Evaluasi ( Monev) dan Menyusun Buku Laporan Implementasi Proyek Perubahan.
Jangka Menengah:
- Penyusunan SOP Rekomendasi Tugas Guru (RTG),
Pemberkasan Tunjangan Profesi Guru (TPG), dan Usul Penetapan Angka Kredit
(PAK).
-
Sosialisasi tentang SOP RTG, Pemberkasan
TPG,dan Usul PAK.
-
Pelaksanaan Pelayanan pegawai secara On-line
untuk RTG, Pemberkasan TPG,dan UsulPAK.
Jangka
Panjang:
·
Pembuatan rancang bangun (arsitektur) website.
·
Pengadaan server sesuai spesifikasi yang
diperlukan.
·
Pembuatan aplikasi website.
·
Pelaksanaan ujicoba sistem pelayanan pegawai
berbasis website.
·
Sosialisasi pelayanan pegawai berbasis website.
· Pelaksanaan Pelayanan Pegawai (Pendataan,
Pelaporan, RTG, Pemberkasan TPG, danUsul PAK) Berbasis Website.
Pada pentahapan
jangka pendek semua kegiatan telah berjalan sesuai dengan rencana dan setelah
melalui perencanaan yang matang, implementasi jangka pendek yang baik, dan
evaluasi yang cukup maka “SIMPO DIKPORA GUNUNGKIDUL” dapat disimpulkan sebagai Proyek
Perubahan yang baik dan layak dilanjutkan dan dikembangkan pada pentahapan
jangka menengah da jangka panjang.
Sumber :
http://diklat.jogjaprov.go.id/v2/kegiatan/artikel/item/424-sistem-informasi-dan-manajemen-pelayanan-pegawai-on-line
Komentar
Posting Komentar