SIA Sebagai Sistem Manajemen Yang Efektif
SIA Sebagai Sistem Manajemen Yang Efektif
Sebelum
mendefinisikan SIA (Sistem Informasi Akuntansi), hal pertama yang harus
anda pahami adalah sistem. Sistem pada dasarnya merupakan rangkaian dari
dua atau lebih komponen yang saling berhubungan, dan berinteraksi untuk
mencapai suatu tujuan.
Sebagaimana mana
penjelasan saya sebelumnya bahwa inti dari ilmu manajemen adalah
pengambilan keputusan di masa yang akan datang. Nah dalam rangka pengambilan
keputusan ini, tentunya planning dalam suatu organisasi harus tersusun secara
sistematis atau tersistem dengan sebaik mungkin.
Tanpa ada sistem yang
saling terhubung, akan sulit bagi suatu organisasi atau perusahaan untuk
menghasilkan keputusan yang benar-benar efektif. Disinilah kemudia SIA
berperan sebagai sistem manajemen yang efektif.
Sistem informasi
akuntansi terdiri dari lima komponen yang saling terhubung, yaitu :
1. Orang-orang yang
mengoperasikan sistem tersebut dan melaksanakan berbagai fungsi
2. Prosedur-prosedur,
baik manual maupun yang terotomatisasi yang dilibatkan dalam mengumpulkan,
memproses, dan menyimpan data tentang aktivitas organisasi
3. Data tentang
proses bisnis organisasi
4. Software yang
digunakan untuk memproses data organisasi
5. Infrastruktur
teknologi informasi
Dengan kelima
komponen ini, akan memungkinkan SIA dalam suatu organisasi atau perusahaan
untuk memenuhi fungsi pentingnya, diantaranya :
1. Mengumpulkan dan
menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan oleh organisasi,
sumber daya yang dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas tersebut, dan para pelaku
yang terlibat dalam aktivitas tersebut, agar para manajemen, para pegawai,
dan pihak luar yang berkepentingan dapat meninjau ulang (review) hal-hal yang
telah terjadi.
2. Mengubah data
menjadi informasi. Ini merupakan fungsi vital dari SIA. Ketika data menjadi
informasi, maka informasi tersebut akan sangat bermanfaat baik bagi pihak
internal maupun eksternal perusahaan.
3. Fungsi yang ketiga
dari SIA adalah tersedianya pengendalian. Sebagaimana kita tahu bahwa dalam
ranah organisasi yang lingkupnya besar seperti perusahaan,
terjadinya fraud atau kecurangan bukanlah hal yang langka. Dengan
adanya SIA, perusahaan akan mampu untuk menjaga aset-aset organisasi, termasuk
data organisasi, untuk memastikan bahwa data tersebut tersedia saat dibutuhkan,
akurat, dan andal.
Ketika fungsi SIA
telah berjalan dengan maksimal sesuatu dengan fungsi diatas, maka manajemen
suatu perusahaan juga akan ikut maksimal. Sebagai pegiat ekonomi ataupun akuntansi, anda harus
paham bahwa SIA yang efektif penting bagi keberhasilan jangka panjang
organisasi manapun.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar